E.M.A.K

, , No Comments
Jumat, 4 Desember 2009, 20.45 WIB

Mak
ingin kubawa kau
pada rumah mimpimu
yang dari dalamnya
terpancar keindahan Ilahi
dan berjuta tanda kebesaranNya

Tapi Mak
tanganku terlalu lemah
dan daya yang kupunya
seperti hembusan angin
melintas celah batu karang

Mak
rumah mimpimu
entah kapan kupersembahkan
tapi ia selalu ada dalam doaku

(Buku “Emak Ingin Naik Haji”, Asma Nadia)

Sumpaaaahhh!!! Asma Nadia killed me with her words!
Pertama baca sih biasa aja, sepintas lalu saya membacanya. Lalu saya sengaja mengulangi membaca sajak di atas, mulai timbul suatu sensasi tersendiri (ceilah..) Trus saya membacanya lagi..dan lagi..berulang-ulang..
Lalu di keheningan malam, tanpa ada seorangpun yang tau, saya menangis!
Bahkan pas buka fesbuk, trus ada sajak itu lagi (saya gabung di fansnya Asma Nadia), saya menangis juga! Gila!!!

Muncul sebuah pertanyaan sederhana, MENGAPA saya menangis??? KARENA eh KARENA.. satu alasan sederhana: EMAK alias IBU SAYA BELUM NAIK HAJI !!! Yak, that’s all, simple reason enough to make me cry.
Dan kalimat pada baris terakhir “tapi ia selalu ada dalam doaku”, malah membuat tangis saya menjadi-jadi. Saya tak ingin melupakan doa itu di kala saya bersujud di hadapanNya.

Lalu saya teringat beberapa minggu yang lalu. Waktu saya mau pulkot (pulang kota – bukan pulkam, pulang kampung) – halahh teteeep. Lanjut, ada temen saya yang pengen ikut ke rumah saya. Saya bilang “ayok aja!”
Singkat cerita, karena temen saya ternyata ada urusan, dia batal ikut pulkot bersama saya ke Kediri. Padahal beberapa hari sebelumnya saya sudah bilang ibu saya bahwa temen saya itu mau ikut nginep.

So, biasa lah... naluri ibu-ibu PKK dari ibu saya muncul. Ada temen anaknya yang mau dateng = masakin yang enak2, beresin kamar kosong, dll.
Siang hari sebelum kepulangan saya, saya baru ngabarin ibu saya kalo saya jadinya pulkot sendiri, engga sama temen saya.
Saya tanya, “Buk, udah terlanjur belanja ya tadi?”
“Udah ndhuk, tadi ibuk ke pasar, beli ayam, beli ini, beli itu...”
Heyyyaaaaaaa... nah lo...nah lo... (*dalem hati: saya sendiri bisa kok ngabisin semua ayam2 itu*)

Sesampai di rumah, ibu saya lagi pergi, jadilah saya a home alone yang berbahagia sekali. Kenapa? Karena eh karena...di meja makan sudah terhidang makanan yang saya sampe gak bisa nulisin disini karena enaknya! Gila, tau banget ibuku kalo anaknya sangat lelah habis berjuang menaklukkan jalanan Sby-Kdr yang bisnya ternyata mogok juga di terminal Mojokerto!
Esok paginya setelah ibu saya pulang habis subuh, saya masih setengah sadar di kamar saat mendengar salamnya. Dasar!

Waktu balik ke Sby, saya bawa bekal dari rumah untuk sarapan (saya balik jam4 subuh). Saat saya sampai dan makan ayam gorengnya yang wuihhh gurih, agak manis, lembut di lidah, saya nangis (again)! Untung temen saya kagak ngarti. Terharu banget! Yang nggoreng ayam pagi2 buta, yang nyiapin nasi, sendok, sama minumnya, semuanya ibu saya! Kalo ada kontes ibu paling baik versi saya, ibu sayalah pemenangnya (ya iyalah, dibela anaknya sendiri).

Pesan moral: Menggoreng ayam di pagi buta, apalagi menggunakan tangan yang sangat berjasa, membuat ayam Anda terasa sangat mengharukan.

0 komentar:

Post a Comment