Resensi Novel: "SUNSET BERSAMA ROSIE" (Tere Liye)

, , 14 comments
Assalamu'alaikum

Huwaaah, sudah lama juga ya aku gak nulis resensi buku atau novel.

Padahal selain biar ada "jejak"nya kalau memang aku sudah selesai membacanya, ternyata berguna juga loh buat orang lain. Khususnya yang sedang menimbang-nimbang akan membeli buku ini atau tidak nantinya, sedang mencari referensi buku bagus, (mungkin juga) membantu mereka dalam tugas sekolah (tapi PLIS PLIS PLIS, jangan copy-paste resensi dari blogku ini ya, kalian bisa bikin dengan ulasan yang jauh lebih menarik kok ;) ), atau juga pas ada film baru rilis yang diangkat dari novel, belum pernah baca novelnya, dan pengen tau ringkasan ceritanya gimana.

Kali ini aku akan meresensi satu novel yang baru selesai aku baca.


Judul: SUNSET BERSAMA ROSIE
Penulis: Tere Liye (nama aslinya Darwis, entah siapa panjangnya)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2012
Jumlah halaman: 426 halaman
Harga: Rp 60.000,- (di Toko Buku Gramedia, atau lebih murah 10-25% di Rumah Buku Surabaya, Togamas, dsb)


Novel ini memiliki setting awal sebuah tragedi bom Jimbaran, Bali. Ah, tentu kalian tahu peristiwa bom yang memilukan itu :( Di novel ini, bahkan aku baru menyadari (sebelumnya gak terlalu mikirin sih) bahwa ada banyak hati yang terluka akibat bom tersebut. Kerugian material, terganggunya kondisi psikologis, serta hilangnya anggota keluarga dan pekerjaan.

Adalah Uncle, Om, Paman Tegar yang kemudian sangat berbaik hati merawat keempat anak perempuan Rosie (Anggrek, Sakura, Jasmine, Lili), salah satu korban bom tersebut, yang mana Rosie dan keempat anaknya kehilangan suami dan ayahnya, Nathan. Tegar merawat mereka selama Rosie direhabilitasi di sebuah shelter di Bali karena depresi berat yang dialaminya. Oya, rumah mereka di Lombok.

Wow, kalian akan melihat keindahan Gili Trawangan, Gili Meno, dan resort yang dikelola Rosie dan Nathan, melalui deskripsi yang sangat detail oleh Tere Liye. Bahkan bagi kalian yang sudah lama mendambakan snorkeling dan diving disana, akan semakin terpacu buat mengumpulkan uang dan pergi kesana #oh am i lebay? hahaha...

Dengan alur maju-mundur, kalian akan tahu siapa sebenarnya Tegar.
Ada hubungan apa ia dengan Rosie dan Nathan di masa lalu?
Mengapa Tegar rela menghabiskan 2 tahun di Lombok, meninggalkan seluruh pekerjaannya yang gemilang di perusahaan sekuritas -dan seorang pacar cantik bernama Sekar- ?
Bagaimana pola asuh yang diterapkan Tegar untuk anak-anak Rosie -yang bahkan terkecil berumur 1 tahun- ?
Apa yang diharapkan Tegar dari tinggal di Lombok?
Bagaimana Tegar dengan semua kecamuk hatinya, renungan-renungannya, dan keputusan-keputusannya?

AKANKAH ADA MAWAR YANG TUMBUH DI ATAS TEGARNYA KARANG?

Soooo... cekidot sendiri ya baca novelnya. Kalau ada yang mau pinjam novel ini ke aku, boleh ;) Caranya, baca di tab page "Pinjam Buku Gratis" sebelah atas ya. Selamat membacaaaa :*

Wassalamu'alaikum

14 comments:

  1. punya buku ini, tapi belum selesai membacanya. padahal belinya udah lama sekali.... :cry

    ReplyDelete
  2. Komeeen... heu.. biar eksis.. eh mbak yang rajin donk nulisnya, sibuk ya mbak?

    ReplyDelete
  3. absen, maap dah lama ga bewe... kalau pengin pinjem bukunya bisa dikirim ke uk ga? hihihi

    ReplyDelete
  4. @ Gusti Ramli: hehe ayoo segera selesaikan mas bacanya, sayang tuh udah dibeli :)

    @ Dieka: hiks gak sibuk yang gimana2 sih sebenernya. Iyaaah doakan saya lebih rajin menulis lagi :))

    @ mbak Nayarini: bisa mbak, tapi kirim dek Ethan bule ke Kediri, muahahaha...

    ps: ih, ini blogspot kenapa sih gak bisa fungsi "reply comment"nya satu2. Jadi kayak FB gini, dibales barengan di satu kotak. *tepok jidat*

    ReplyDelete
  5. Hmm dari review-mu ini aku jadi pengen baca jugaa... :p hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Kikiiiii baca noh, hehe. Kamu kan bookworm juga ;)

      Delete
  6. katanya minjemin buku ??? mana bukunyaa,.... ???????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu udah ke page sebelah, belum?
      ih banyak bener sih tanda tanyanya? hehe...
      salam kenal..

      Delete
  7. bikin resensinya rembulan tenggelam di wajahmu dong, kalo bagus nanti aku pinjem hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... itu cerita romantis manis, mas. dan sekarang udah lupa tuh gimana alur dll nya. beli aja deh langsung :))) *komen telat*

      Delete
  8. Darwis Tere Liye salah satu penulis favosit saya.. buku2 nya luar biasa. Banyak pesan2 bijaksana dan kebaikan yang terkandung di setiap buku2 bang Tere Liye

    Ini salah satu buku Tere Liye favorit saya :
    Review buku sunset bersama rosie - Tere Liye

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa betul mas. dia cerdas banget ya cara bertuturnya :)
      salam kenaaal, wahai programmer yang hobi nulis, heheh

      Delete
  9. Ga pernah bosen... Novel yg selalu dinantikan... Karya bang tere liye emang jempol

    ReplyDelete