Review Film "BLACK PANTHER"

, , 2 comments

Satu kata untuk menggambarkan keseluruhan film ini: E K S O T I S!
Mungkin ini adalah film superhero-science-fiction-action terbaik yang pernah aku tonton. Salah satu mahakarya Marvel Studios yang amat sayang dilewatkan para penikmat film. Rating 5/5

Mengangkat isu soal jagoan super berkulit hitam dari negeri antah barantah bernama Wakanda, yang tersembunyi di benua Afrika. Narasi di awal sangat membantu penonton seperti aku yang tidak selalu runtut mengikuti cerita sebelumnya. Yeah, Black Panther adalah salah satu jebolan tim Captain Amerika sekuel Civil War, yang bahkan dulu tidak sempat aku perhatikan keistimewaannya.


Chadwick Boseman sangat cool memainkan tokoh Black Panther, superhero jelmaan dari macan kumbang hitam. Uniknya, ternyata Black Panther ini kekuatannya diturunkan dari generasi ke generasi melalui sebuah cairan ungu dari bunga khusus yang ditumbuk dan diminumkan ke pewarisnya.

Konflik muncul ketika sekelompok orang berusaha mencuri vibranium, materi terkuat di jagad raya, sumber utama kekayaan alam Wakanda. Wakanda tidak pernah menjajah dan intervensi bangsa lain, melainkan hanya mengelola sumber itu untuk kesejahteraan rakyatnya.

Eksotisme yang aku lihat sepanjang film:
1. Hampir semua tokoh kunci dalam film ini orang kulit hitam (Afrika-Amerika) dan hanya 2 orang berkulit putih. Tentu ini menjadi selebrasi bagi kaum minoritas yang selama ini masih dipandang sebelah mata.
2. Bahasa yang dipakai Inggris dengan aksen Afrika, dan beberapa adegan memakai bahasa asli Afrika. Kalau kupikir selama ini yang seksi hanya aksen Inggris British dan Australia, ternyata aksen Afrika juga unik.
3. Perpaduan antara budaya Afrika yang sangat kental dan teknologi canggih. Tampak dari kostum, soundtrack dan backsound, tradisi "tarung sampai mati" secara adil untuk merebut tahta kerajaan, juga huruf yang dipakai.
4. Garda terdepan pasukan Wakanda adalah wanita, dengan semboyan "Wakanda Forever!"

Setelah nonton ini, aku jadi bisa mendefinisikan ulang apa itu cantik, tampan, sikap ksatria dan setia pada kebenaran.

2 comments:

  1. Bagus , lanjutkan :)
    Kesasar :D
    newshomedesigns.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. cerita yang menarik, sangat bermanfaat sekali, terima kasih telah berbagi.
    kunjungi juga blog kami dibawah ini yahh..

    Menang Cepat Main Game Online
    Game Online Terbaru 2020

    ReplyDelete