Tugas Observasi dan Wawancara tentang Perkembangan Masa Bayi

, , No Comments
Assalamu'alaikum

Berikut adalah tugas Psikologi Perkembangan untuk mahasiswa semester 2, Prodi Psikologi Islam, STAIN Kediri. Silakan membaca dengan cermat dan mengumpulkan hasilnya sesuai tenggat waktu yang telah saya informasikan melalui ketua kelas.

PANDUAN OBSERVASI DAN WAWANCARA “MASA BAYI”



TUJUAN KEGIATAN:

  • Mahasiswa memahami teori tentang perkembangan fisik, kognitif, dan sosioemosi masa bayi.
  • Mahasiswa terampil melakukan wawancara dan observasi sederhana kepada subjek yang relevan.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dan observasi lapangan ke dalam laporan yang komunikatif, atraktif, dan komprehensif.

TUGAS:

  1. Carilah satu orang subjek bayi usia 0 – 2 tahun beserta orangtua dan atau significant others-nya (orang yang hadir secara signifikan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam hidupnya, seperti kakek-nenek, pengasuh, dll).
  2. Lakukanlah observasi terhadap bayi dan wawancara kepada orangtua/ significant others-nya berdasarkan panduan berikut. Boleh menambahkan aspek lain yang penting/ dianggap menarik dalam temuan data lapangan.
  3. Tuliskan/ gambarkan hasilnya dalam bentuk poster di kertas plano (kertas coklat besar) sekomprehensif dan sekreatif mungkin. Boleh dengan menempel-nempel informasi, foto, bagan, tabel, ataupun dituliskan langsung di kertas. Mata subjek ditutup untuk melindungi identitas.
  4. Beri keterangan di poster: nama mahasiswa, NIM, kelas.
  5. Pengumpulan tugas sesuai kelas asli (Selasa 26-3-2019 atau Kamis 28-3-2019) di ruang dosen gedung baru.

ASPEK YANG DIOBSERVASI DAN DIWAWANCARA:
Untuk dapat menggali informasi berikut, silakan baca ulang terlebih dahulu seluruh teori pada Masa Bayi. Keliru dalam memahami, mengamati, dan menanyakan, akan keliru pula dalam menyimpulkan data penelitian.

ASPEK FISIK

  1. Bagaimana kondisi kehamilan ibu dan janin dahulu? Adakah hal tertentu yang ternyata berpengaruh pada kehidupan janin sebelum dan setelah dilahirkan?
  2. Bagaimana proses melahirkan si bayi dahulu? Normal/ caesar, proses pembukaan 1-10, adakah kontraksi, dll?
  3. Bagaimana perkembangan fisik bayi hingga saat ini? (jika boleh, pinjam kartu Posyandu yang merekam data kesehatan dan pertumbuhan fisik bayi: berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, sakit yang diderita, dll)
  4. Bagaimana perkembangan motoriknya? (gerak refleks, motorik kasar, motorik halus)
  5. Bagaimana perkembangan sensasi dan persepsinya? (berkaitan dengan panca indera. Lakukan percobaan dengan alat-alat inderanya)
  6. Bagaimana pemenuhan Tugas-tugas Perkembangan pada masa bayi? Klik laman https://id.theasianparent.com/perkembangan-bayi/ dan cari milestone usia yang sesuai dengan subjekmu. Idealnya, ketika bayi mampu melakukan tugas-tugas di usia tertentu, tugas-tugas di usia sebelumnya juga sudah menguasai.

ASPEK KOGNITIF

  1. Bagaimana perkembangan kognitif Tahap Sensorimotor menurut teori Piaget? Apakah benar teori itu jika dilihat dari subjekmu?
  2. Bagaimana kemampuan atensi, mengingat, meniru, dan kategorisasi pada subjek? Lakukan percobaan sederhana untuk memastikan.
  3. Bagaimana perkembangan bahasanya?

ASPEK SOSIOEMOSI

  1. Bagaimana perkembangan emosi, temperamen, dan kepribadiannya?
  2. Bagaimana gaya pengasuhan dan kelekatan bayi dan orangtua/ significant others?
  3. Gambarkan konteks sosial bayi saat ini! Bagaimana dinamika keluarga, tetangga dekat, orang-orang yang berinteraksi dengan subjek? Bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangannya?

Terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment