Yang Tersisa dari Perjalanan Panjang Ini

, , 21 comments
Assalamu'alaikum

Nggak terasa udah mau habis aja bulan Mei ini.
Nggak terasa aku udah semester 4, yang artinya... AKU UDAH TUA sebentar lagi aku akan lulus kuliah Profesi ini dan menikah. Masih inget betul ketika awal masuk kuliah pertengahan tahun 2010 lalu bersama teman-teman seperjuangan yang pernah aku ceritakan di judul postingan "Bagaimana aku berteman dengan 13 makhluk unik" sebelumnya. Dari 14 mahasiswa tersebut, 1 orang (mbak Aulia) harus melanjutkan kuliah di tempat lain karena diterima sebagai PNS di BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Ngawi. Sedangkan 1 orang lainnya (pak Soebagio) memutuskan untuk kembali bekerja di tempatnya semula. Semua itu PILIHAN. Hingga akhirnya kini tinggal kami 12 orang yang tersisa di Mayoring PIO (Psikologi Industri/ Organisasi).

Susah senang sudah kami lalui bersama *nyetel soundtrack Bunga Terakhir*


Semester 1 --> kami belajar mata kuliah-mata kuliah lanjutan dari S1 (macam metode penelitian, statistika lanjut).
Semester 2 --> kami mulai kuliah yang mengerucut ke mayoring PIO (macam asesmen psikologis, perilaku individu dalam organisasi, analisis jabatan, penilaian kinerja, dan training and development).
Semester 3 --> kami melakukan PKPP (Praktik Kerja Profesi Psikologi) atau gampangnya magang lah sebutannya (sayang nggak dibayar) *digampar orang kantor kalo minta bayaran* #peace
Semester 4 --> tinggal kuliah minoring (kali ini kami semua sepakat ambil mata kuliah Psikologi Keluarga dan Positive Parenting) sama Tesis aja. Aja??? Ya nggak aja sih sebenernya. Alhamdulillah kuliah minoringnya udah selesai, tugas akhir udah dikumpul, jadi tinggal Tesis aja. Aja??? Oke oke piss.

Yang mau aku ceritain disini pas semester 3, dimana kami semua harus PKPP alias magang itu tadi. Kami 12 orang dibagi dalam 3 kelompok, jadi masing-masing kelompok ada 4 orang yang magang di sebuah perusahaan. Kebetulan 2 kelompok masuk di perusahaan BUMN, sedangkan 1 kelompok lagi di perusahaan swasta kalo nggak salah statusnya. Semuanya dilakukan di Surabaya aja.

Aku dan 3 temanku magang di salah satu perusahaan produsen listrik yang punya banyak PLTA, PLTU, PLTG, dan PLTGU di seluruh Indonesia. Asik sih, percampuran suka dan duka. Kami disana selama 5 bulan, mulai  15 Agustus 2011 - 13 Januari 2012. Aturan-aturan perusahaan harus kami patuhi, jadi kami diperlakukan seperti karyawan lainnya, seperti harus mematuhi aturan jam masuk dan pulang kerja, wajib pake jas almamater kami, dapat fasilitas makan siang, boleh mengikuti kegiatan sharing knowledge yang diadakan setiap Jumat, disarankan mengikuti senam pagi setiap Jumat jam 7 pagi, dan lain-lain. Yang paling mengesankan waktu itu bisa mengikuti seminar singkat dari inspirator SuksesMulia Indonesia, Pak Jamil Azzaini yang diselenggarakan oleh Kubik Leadership kalo nggak salah nama perusahaan beliau. Yiey!!! Gratisss tis tis bo' :)
Instrukturnya ada 2: cewek (seksi)&cowok (yang tak kalah seksi)
Habis senam pagi, PASTI dapet makanan ringan gratis :D
Aku, Lina (kuning), Azhar (biru) --> teman2 sekelompok magang
Satu lagi, waktu perusahaan tempat kami magang merayakan ulang tahun ke-16 nya, tanggal 3 Oktober 2011 lalu, perusahaan mengundang Klantink sebagai pengisi acara hiburannya. Wow!!! Tau kan Klantink? Itu tuh, pemenang Indonesia Mencari Bakat (season 1 kalo nggak salah). Ada mas Wawan di vokalisnya, mas Budi, dan mas-mas yang lain (lupa kale). Emang kok ya, kalo nonton musik live itu suasananya beda. Lebih keluar aura mereka :) Suara mas Wawan kuat mencapai nada-nada tinggi, walau kadang masih keseleo jadi fals dikit. Sayangnya, mereka nggak bawain lagu hits, tapi lagu cipataan mereka sendiri. Jadi mau ngikutin juga nggak bisa, hehe. Tapi salut deh sama mereka. Kerja keras mereka (yang dulu ngamen di Terminal bus Joyoboyo) -nggak terlalu jauh dari kantor-, totalitas, kesungguhan, dan kemauan untuk terus menciptakan karya-karya terbaiknya walau sekarang nggak sering nongol di tv lagi.

Anyway, dulu aku juga pernah ketemu sama mas Wawan di Royal Plaza. Sempet bengong beberapa detik untuk memastikan apakah itu beneran mas Wawan atau bukan. Eh ternyata bener. Mau minta foto-foto gitu, tapi kata mbakku nggak usah, malu-maluin aja. Lagian para pengunjung lainnya juga pada cuek, kan malu kalo aku heboh sendiri (T_T). Waktu itu di sebelahnya mas Wawan ada cewek cakep gitu. Apakah itu pacarnya? Tidaaakkk!!!
Mas Triyo, Lina, aku - di acara Ultah perusahaan ke-16
Berasa bagian dari mereka.Diantara ratusan karyawan&pensiunan
Bersama Mas Budi (Klantink). Btw, mas Budi wangi loh, suer!
Well, aku akui memang proses magang selama 5 bulan ini gak selamanya berjalan mulus. Ada beberapa jalan terjal yang harus kami lalui bersama. Belum lagi sempat ada sedikit "ujian hidup kami" yang berkaitan dengan dosen di kampus. Tapi aku pribadi bangga, setidaknya kami berempat (akhirnya) mampu menyelesaikannya dengan baik, walau melalui jalan yang sedikit terseok-seok *drama abis*.
Berikut ada beberapa pelajaran yang bisa aku petik dari kegiatan magang ini:
  1. Teori-teori yang diajarkan di kampus ternyata nggak bisa diterapkan 100% di perusahaan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya modifikasi teori tersebut. Yang penting adalah kita tahu bagaimana teori "ideal"nya, kemudian dalam penerapannya menyesuaikan dengan kondisi, budaya perusahaan, dan kebutuhan.
  2. Kesuksesan seseorang (siapapun itu), nggak hanya ditentukan oleh sepintar apa otaknya, tapi juga bagaimana SIKAPnya dalam menghadapi situasi. Hubungan interpersonal yang baik antar anggota organisasi mutlak diperlukan, karena seseorang nggak hanya bekerja dengan mesin/ alat/ benda, tetapi juga dengan MANUSIA lainnya.
  3. Kolaborasi yang baik antar anggota kelompok tidak mudah dilakukan walau sebelumnya sudah saling lama mengenal satu sama lain. Diperlukan kesamaan VISI dan MISI kelompok agar tujuan tercapai.
  4. No free lunch! No pain no gain! Uoh.... Jangan dikira hal yang baik akan datang dengan sendirinya. Semua butuh usaha dan doa, butuh "pembayaran" yang layak!
Kata-kata terakhirku (kayak mau kemana aja), makasih buat Lina, Mas Triyo, dan Azhar yang sudah menjadi kelompok magang kemarin. Nobody's perfect, termasuk aku. WE ARE GOOD IN OUR OWN WAY! See you on the top! *macam seminar motivasi gini*

Wassalamu'alaikum

21 comments:

  1. wah sebentar lagi bisa kangen tuh sama masa masa itu... betul kalau sudah kerja Ilmu yang dipelajari hanya digunakan sebagai background untuk berpikir saja.. selebihnya sudah kreatifitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju... ilmu atau teori adalah konsep idealnya, penerapannya bisa melenceng sedikit, agak jauh atau jauhhhh sekali hihihihi

      Delete
    2. yuuup setujuh sedelapan juga :)
      intinya kan seberapa mampu kita mengembangkan perusahaan *haha jauh bener mimpinya*
      teori ideal & penerapannya di lapangan sangat mungkin berbeda...

      Delete
  2. semua itu akan menjadi sebuah kenangan yang tak bisa di lupakan !! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak Dea, susah senang bersama, insyaAllah sukses bersama2 juga, amin :)

      Delete
    2. Amin, insya Allah.
      Dan postingan ini akan menjadi pengobat rindu kelak, saat lama tak bertemu

      Delete
    3. amiinn... iya betul, 10 tahun lagi, saya akan sangat mellow kalo baca postingan ini *lebay*
      salam kenal, mas Abi Sabila :)

      Delete
  3. wew, wah, siap2 dong menuju alam bebas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa mas Stumon, menuju hutan belantara yang lebih luas lagi, amin :)

      Delete
  4. Replies
    1. sekali-sekali emang harus super *halah*... haha

      Delete
  5. iya benar..tidak semua ilmu yang didapat di jenjang pendidikan bisa diterapkan 100% di tempat kerja...semua akan menyesuaikan dengan pengalaman dan dari belajar dan belajar lagi...salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, karena itu perusahaan juga menyediakan kesempatan pelatihan serta pengembangan bagi karyawannya, karena belajar tidak akan berhenti sampai mati, hehe
      salam sukses juga untuk mas Hariyanto :)

      Delete
  6. bentar lagi lulus ya, akhirnya... doakan saya juga ya, saya semester 2, tapi S1 haha masih lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe yang penting selalu semangat, Reza!
      semangat untuk mencari ilmu & menjadi orang yang bermanfaat buat sesama :)
      salam kenal ya... blogmu menarik :)

      Delete
  7. Amin mbak. Semoga cepat lulus. Tapi nikahnya jangan cepat-cepat ya. Yaaah... Pas umur 40an aja lah. ;p

    Oiya aku lagi pindahan ke anandalagzo.blogspot.com mbak. Lebih enak makenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinnn...
      heeeeh dongamu elek pol yoooo,,, mosok aku didongakne nikah umur 40? *menangis semalam*

      iyaaa, semalem aku udah ngoprek2 blogmu kok :) semoga istiqomah nulisnya ya, jangan pas mood aja *ngomong sambil ngaca*

      Delete
  8. Loh si Fendhito koq ikut nongol dibelakangnya Mas Budi Klantink & Bu Risma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, itu namanya mas Fendhito toh? dari Direktorat apa ya, saya kayaknya belum pernah lihat sebelumnya *halah* Saya kira itu Wingky Wiryawan :p

      Delete
  9. semester 4 itu memang sudah tua dan memang seharusnya menikah (membaca yang digarisi).

    aku sekarang kerja aja, ga 100% yang aku pakai di kuliah. hanya 75%. masih ada hubungannya sih. tapi lebih banyak hubungannya sama ngeblog, Hehehehe...

    selamat berjuang. perjuangan mu masih panjang, anak muda. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah, Anak Tua! (membaca kalimat terakhir)
      ya ini nih enaknya kalo kerja di webhosting, sambil kerja bisa komen blognya orang :p
      semangat juga buat Adit!

      Delete