Berbagi Buku Lewat @hikmahpuasa

, , 13 comments
Assalamu'alaikum

Pertama kali tau tentang program #BerbagiBuku nya dari @hikmahpuasa adalah ketika artis Indra Herlambang men-tweet kalau dirinya ikutan berbagi buku di bulan Ramadhan ini. Karena mata ane ijo-ijo kalau mendengar atau melihat kata "buku", langsung deh aku klik link-nya.

Jadi, program Berbagi Buku ini adalah acara yang mengajak kita semua untuk turut menyumbangkan buku untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Buku apa aja juga boleh. Acara ini terselenggara atas kerjasama Kaskus (The Largest Indonesian Community) dan PT. Djarum. Seluruh sumbangan buku dari teman-teman ini nantinya akan disalurkan kepada Program Indonesia Pintar - SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) dan Yayasan Nusa Membaca.

Caranya gampang banget, temen-temen tinggal klik button "BERBAGI" di microsite www.hikmahpuasa.com , bisa pilih mau berbagi lewat akun twitter, facebook, kaskus, dll. Setiap 1 kali klik, artinya kalian telah turut menyumbangkan 1 buah buku buat saudara-saudara kita. Really? As easy as one click? Iyes. Di akhir acara, puluhan atau ratusan ribu klik dari seluruh orang yang berpartisipasi nantinya akan dirupakan dalam bentuk buku. Semakin banyak dan sering kalian nge-klik, semakin banyak juga buku yang disumbangkan buat mereka.

Microsite-nya cute, yes? :)
Mau nyumbang buku langsung? Bissaaa... Ada event dropbox yang diadakan di 7 kota besar di Indonesia. Dimana aja tuh dan kapan? Ini dia:
  • Yogyakarta. 25-29 Juli 2012. Di Malioboro Mall Atrium ~> udah lewat :)
  • Makassar. 25-29 Juli 2012. Di Trans Studio Mall, Bantimurung 1 ~> udah lewat :)
  • Surabaya. 1-5 Agustus 2012. Di Tunjungan Plaza 2 Atrium ~> udah lewat :)
  • Padang. 1-5 Agustus 2012. Di Basko Mall Atrium ~> udah lewat juga :)
  • Bandung. 8-12 Agustus 2012. Di Paris Van Java
  • Medan.  8-12 Agustus 2012. Cambridge Mall Atrium
  • Jakarta. 18 Juli-26 Agustus 2012. Di Grand Indonesia Lt. 3A Fountain ~> disini ntar katanya ada Giant Book Monument. Bayanganku sih di GI bakal ada replika buku raksasa gitu :)

Di  microsite www.hikmahpuasa.com ini juga ada cerpen yang ditulis oleh 4 penulis Indonesia, yaitu Raditya Dika (tetep favorit lah buatku, heuheu), Indra Herlambang, Lola Amaria, dan Fira Basuki. Tapi cerpennya yang berbentuk chapter-chapter itu bakal terbuka secara berkala, sesuai target jumlah klik yang dilakukan para pembaca semua per harinya. Intinya sih, semakin banyak klik, semakin cepet kebuka semua chapter-nya. Cerpennya Radith udah sampe chapter 18 loh, judulnya "Ada Jangwe di Kepalaku". Pasti ada diantara kalian yang nggak tau apa itu Jangwe kan? Naah... baca sendiri donk :D

Hari Sabtu yang malas ini akhirnya tercapai juga keinginanku buat ikutan program ini. Setelah mantengin microsite di atas dan menjadi pembaca cerpen-cerpennya beberapa hari, akhirnya nemu hari yang pas juga buat dateng ke Tunjungan Plaza (TP). Berbekal beberapa buah buku yang memang dari dulu udah pengen dikasih ke orang, berangkatlah aku dan mbakku ke TP sehabis ashar. Mampir ke THR dulu, baru ke TP. Karena emang niatnya cuma bentar, jadi begitu dateng, langsung aja nyerahin buku itu di stand mereka di Atrium TP 2. Ternyata sama mbak-mbak dan mas-masnya disana diminta poto dulu di depan rak buku yang berisi sumbangan buku dari teman-teman. Aku tanya udah terkumpul berapa buku sampe hari ini di Surabaya, katanya sih udah 2000-an buah buku. Wow! :)

Kameranya bohong ~> aku keliatan gendutan #menuduh
Aku mikir beberapa hari sebelum mem-posting tulisan ini. Apa iya acara berbagi begini harus dipublikasikan (karena aku ikutan juga)? Tapi balik ke niat awal lagi. Karena niatnya bukan buat pamer (ya iyalah, ngasih buku bekas juga nggak seberapa dibanding amal baik temen-temen lain), makanya aku putuskan gak papa deh nyeritain. Siapa tau justru semakin banyak yang ikutan program ini, jadi semakin banyak pula buku yang bisa dibaca sama temen-temen yang mungkin belum seberuntung kita bisa beli buku-buku yang diinginkan.

Tiba-tiba inget, "pemberian terbaik kan memberi sesuatu yang paling kita cintai kepada orang lain", nah kayaknya aku belum bisa melakukannya 100% juga :( Rasanya masih sayang mau ngasihin buku "Cinta Brontosaurus" yang ada tanda tangan aslinya Raditya Dika ke orang lain deh, huhu... Itu aku dapet tanda tangannya juga pas promo komik Kambing Jantan dia di Gramedia TP tahun lalu. Maafkan aku ya Allah kalau belum bisa jadi hambaMu yang nggak "kedonyan" (memikirkan keduniawian saja).

Oke deehh, yuk berbagi! Apa aja juga boleh. Nggak usah nunggu kaya dulu sebelum bisa berbagi ke orang lain. Ntar malah nggak kaya-kaya, udah mati duluan. Astaghfirullah. Mau berbagi buka puasa gratis buat orang lain boleh, berbagi uang, tenaga, pikiran untuk kepentingan umat boleh, berbagi senyuman juga boleh :) Chaow!


ps1: Ini bukan tulisan berbayar.
ps2: Aku tetap tidak mendukung perilaku merokok, walau salah satu sponsor program ini adalah Djarum.
ps3: Aku nggak peduli mau buku-buku dari program ini diserahkan ke Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu kek, ke kabinet XYZ kek, yang penting aku yakin "amanah" dari masyarakat ini akan sampai ke tangan yang membutuhkan. Masak iya sih buku-buku (yang mungkin sebagian besar) bekas itu mau diselewengkan/ disalahgunakan? Nggak ada hubungannya sama beberapa pejabat yang korup itu :) 
ps4: Buat temen-temen yang pernah ngasih aku buku, tenang aja, itu gak termasuk yang aku kasih ke program ini kok. Makasih ya yang pernah ngasih buku, mulai dari SMP sampe sekarang: Mbak Rahma Purisari, Ayu Desi Natalia, Restika Shary, Zusnita Meyrawati, Suhriyah, Hita Arambha, Afina Purnama Sari, Azhar Kharisma, Mas Toyi, Pak Berbudi, Pak Muhammad Hatta, Mas Galih Satriaji, Mas Rezqika Ramadhan, dll :)

Wassalamu'alaikum

13 comments:

  1. wah hebat nih bisa ikutan program seperti ini.... boleh deh besok ke grand indonesia... padahal sudah hampir tiap hari kesana tapi ga sempet lihat ada program.. Djarum yang punya grand indonesia juga hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho, ngapain tiap hari ke Grand Indonesia mas? anak mall nih *halah*
      oya? GI punyanya Djarum ya? #barutau. Oke deeeh, met berpartisipasi juga mas, ajak temen2nya yah, hihihi

      Delete
  2. Yang di jogja, saya gak ikut, baru tau jadwalnya pas udah lewat...
    mungkin nanti pas pulang ke Jakarta, baru ikut nyumbang buku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiiiip... selamat berbagi, Mas! Catet tanggal dan tempatnya ya :)

      Delete
  3. Ga sabar mau datang yang di GI. ga sabar juga mau ikutan. ah, jadi kangen program #LEndABook :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayooo segera kesana Dit! Lumayaan masih sampe habis Lebaran tuh. Ajak teman2 yang lain ya :)
      iya, aku juga belum ngutik2 lagi punyaku itu, heuheu :D

      Delete
  4. Yah Pety gak bilang bilang dari kemarin2, minimal di tag via FB :D
    btw Kalau Sidoarjo jadwalnya kpn nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks hiks :(
      iyaaa aku kok lupa ya kemaren itu, siapa aja anak surabaya yang hobi buku *kau membuatku guilty feeling mas*
      sini sini minta nomer hengpon-nya donk mas, secara gitu loh, FB, YM, email-ku di-hack orang, jadi aku gak FB-an lagi sekarang...

      Delete
  5. Woo.idenya kreatif. Aku mulai iku2 ngulik2 buku saya nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, idenya penyelenggaranya emang keren :) Posisi dimana toh mas? kalo di Jakarta, bisa ikutan tuh yang di GI :)

      Delete
    2. Saya posisi di Semarang. Daerah yang adem ayem tentrem :)

      Delete
  6. Saya punya banyak novel yang sudah dibaca, bisa disumbangkan kemana ya? Saya di Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales, mbak.
      hmmm... ini programnya sudah lama banget mbak, dan saya kurang tahu apakah tahun ini akan digelar lagi atau nggak.
      atau mau disumbangkan ke saya? hehe. Bisa cek cek di tab #pinjamBukuGratis di laman ini mbak kalau pengen tahu detailnya, makasih :)

      Delete