24 Fakta tentang Aku yang mungkin gak PENTING buat kamu :)

, , 8 comments
Assalamu'alaikum

Aanndd, this is it! Beberapa fakta tentang diri pribadiku yang (seingetku) belum pernah aku publikasikan (kecuali kalo ada yang udah pernah denger ceritaku ya) :D

Fakta 1. Ibuku dulu pengen banget ngelahirin aku tanggal 1 Oktober, biar sama kayak Hari Kesaktian Pancasila. Karena aku gak mbrojol juga, akhirnya tanggal 2 Oktober jam 01.00-an malem aku baru lahir.

Fakta 2. Sewaktu bayi, aku gak pernah mau minum susu kaleng (minum dari dot). Alhasil, kalo ibuku lagi ngantor, aku puasa minum, ato maunya hanya air putih. So sad :-( Dan kompensasinya, aku minum ASI sampe 4 tahun dan baru berhenti pas ada rekreasi TK nya mbakku, aku dan ibuku ikut, dan ibuku bilang, “Dek, ibuk malu lho sama temen-temennya mbak kalo sampeyan mimik ibuk terus. Mimik dari gelas ini ya!” Dan voila… aku bisa terbebas dari minum ASI sejak saat itu :D
No "dot" in my life's dictionary. Owh :(



Fakta 3. Pas TK, aku pernah BAB di celana dan gak ada yang tau. Aku juga gak ngaku. Dan kalo ada yang tanya, “apa itu bau dan celananya jadi basah?”, maka jawabannya “MENURUT LO…???”

Fakta 4. Pas awal masuk SD, ibuku pernah dipanggil ke sekolah gara-gara aku terlalu diam di kelas, sampe guruku tanya ke ibuku, “Apa anaknya tertekan bu, di rumah?” Setelah itu, kayaknya ibuku yang ganti tertekan alias depresi, bukan aku, hehe.

Fakta 5. Aku menari (dancing) dalam rentang waktu antara TK sampe kelas 6 SD. Tarian tradisional dan kreasi baru (begitu sebutannya) yang aku dan temen-temenku bawakan. Kadang menari solo (untuk event tertentu), kadang berdua (Tari Remo), tapi seringnya berkelompok. Kalo modern dance ato break dance aku belum bisa, hehe. Yang paling membanggakan buatku waktu itu, kami bisa siaran di TVRI Surabaya (off air), acara apa namanya aku lupa, yang jelas presenternya Agnes Santoso (dia cantik lho) dan studionya dingin banget *katrok poll*

Fakta 6. Sekitar kelas 3 SD les renang ke Pak MbunCin (begitu kami menyebutnya, beliau Chinese yang sabar melatih murid-muridnya) di Kolam Renang Pagora, Kediri. Masih sempet diajari gaya katak a.k.a gaya dada doank. Terakhir renang kelas 3 SMP, karena mulai SMA aku pake jilbab. Sampe akhirnya tahun 2010 kemaren nemu kolam renang khusus muslimah di lokasi SMP/ SMA Al-Hikmah Surabaya, di daerah Kebonsari Elveka, Sby. Kalo ada yang pengen renang tapi butuh privasi ketat, disini tempatnya. Jadwal renang cewek dan cowok berbeda. Itupun, baju renangnya harus panjang (menutup aurat), baik cewek maupun cowoknya, jadi gak ada tuh yang pake bikini one or two pieces, ato cowok yang bertelanjang dada *lho, kok aku tau??? Ngintip ya… ngintip ya…? Ya enggak lah, kan ada tulisannya disitu!* Ooohh.
Itu tuh pool-nya, keren dan nyaman, kan? Anti panas euy, soalnya indoor

Fakta 7. Terobsesi menjadi dokter sejak kecil sampe kelas 3 SMA sebelum SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), sampe akhirnya gagal tembus Fak. Kedokteran Unair dan harus menggantungkan mimpi baru menjadi seorang psikolog :D Tapi jurusan psikologi yang aku jalani sekarang memang pilihan kedua pas SPMB kok, jadi sebenernya gak terlalu stress, hehe.

Fakta 8. Punya rambut berpotongan Demi Moore (cepak kayak cowok) pas TK sampe awal SD aja, selebihnya panjang. Kata ibuku, kalo cewek itu ya seharusnya rambutnya panjang. Dan ibuku pasti mencak-mencak tiap kali tau aku potong rambut, meski cuma beberapa senti. Hairstyle sehari-hari ke sekolah adalah diurai dengan bando ato dikuncir kuda dengan pita, kadang kalo gak buru-buru berangkatnya, juga dikepang.

Fakta 9. Eksperimen hairstyle (model rambut) paling aneh adalah pas kelas 1 SMP. Rambut panjangku semalaman dikepang mbakku kecil-kecil semuanya. Paginya you know what??? Ngembang gak jelas kayak punya Sania, si penyanyi rambut kribo-panjang itu. Mending kalo Sania emang buat manggung, lha aku? Ke sekolah? Gak pantes sama mukaku yang cupu dan tubuh kecil. Oh noooo *tutup mata* Untunglah gak ada yang iseng naruh kertas contekan ke “sarang rambutku” :p
owh, she's not me, she's Sania :)

Fakta 10. Pas TK berangkat sekolah antar-jemput becak. SD kelas 3-an naik sepeda (sepeda mini yang ada keranjang di depannya, setir melengkung itu), kadang gantian sama mbakku naik sepeda federal-nya (sepeda cowok). Tak terhitung berapa kali jatuh, ketabrak, nabrak penjual kasur, masuk got, dsb. Dan apakah masih ada bekas lukanya di lutut? Absolutely yes :D Pas SMA, naik angkot, kadang dianter, kadang naik sepeda motor sendiri. Pernah jatuh naik motor? SERING BANGET!

Hmmm... masih BETAH baca selanjutnya kan? Gimana gimana gimana, ada yang udah mirip sama kisah masa kecilmu kah? :D

Fakta 11. Berikut beberapa kejadian “jatuh-pas-naik-motor” yang aku inget (yang gak inget kayaknya lebih banyak, hoho):
- Jatuh ke kiri nabrak trotoar di depan sekolah gara-gara aku pake rok span (rok sempit seragam sekolah itu) sampe olinya netes-netes --> ditolong tukang becak
- Ditabrak motor dari belakang di depan gang rumah gara-gara aku gak liat ke belakang kalo ternyata ada motor kenceng banget, sedangkan aku belok kanan nikung tajem banget. Aku terseret beberapa meter sebelum akhirnya jatuh dan menyadari bahwa tulang ekorku sakit banget --> ditolong para tetangga.
- Ditabrak motor dari depan persis di depan gang kos, entah siapa yang salah. Cuma lecet-lecet dikit, tapi jempol kakiku robek --> ditolong warga sekitar.
- Nabrak mobil yang mau belok kiri di lingkungan ITS. Aku kira mobilnya jalan normal, eh ternyata jalannya pelan banget. Aku yang nyetir dengan cukup kenceng sambil mbonceng ibuku, akhirnya nabrak. Ruas paling atas jari manis kanan ibuku sampe agak bengkok dikit. Muuph ea ibuukk! --> gak ada yang nolong, berdiri sendiri, karena jalanan lagi sepi. Nasip.
- Nabrak mobil (lagi) dalam perjalanan pulang ke kos. Mobilnya anteng aja, mungkin gak kerasa, aku yang jatuh --> gak ada yang nolong, lagi sepi. Nasip (lagi).
Nah, itu sebenernya masih gak seberapa. Mbakku malah pernah mbonceng 3 adek sepupuku yang waktu itu masih kecil-kecil di perumahan deket rumah. Mereka berempat nyungsep masuk got, lalu mbakku bilang ke adek-adek “Jangan bilang bapak-ibuk kalian ya!” Mereka nggondok. Mampus.
Keluarga PENUH COBAAN dan keluarga GAK BECUS dalam mengendarai motor kayaknya beda-beda tipis yaaa… Weeewww

Fakta 12. Temen hangout paling enak sekaligus paling nyebelin adalah mbakku sendiri. Dia paling sebel kalo aku kelamaan di toko buku, dan aku paling sebel kalo dia kelamaan di toko baju dan sepatu.

Fakta 13. Gak pernah suka sama yang namanya binatang. Apapun itu. Dulu bersama mbah pernah melihara ayam, bebek, menthok, sama burung perkutut, tapi tetep aja takut buat pegang. Kalo cuma liat, ya bolehlah. Binatang yang dianggap lucu bin unyu sama orang-orang, kayak kucing, marmut, hamster, kelinci, itupun aku gak suka. Paling yang dulu paling aku kagumi dan berani pegang adalah kupu-kupu yang jaman itu buuaanyyakk banget ada di halaman rumah, karena ada bunga sepatu disana. Aku dan mbakku suka nangkep dan masukin ke sarang. Kasian mereka! Mungkin kalo ntar suami dan anak-anakku pada suka binatang, PASTI akan ada BANYAK kesepakatan antara aku dan mereka soal pemeliharaan binatang tsb. Huahh.
se-unyu apapun kucingnya, aku tetep gak berani megang :(

Fakta 14. Rekor gak mandi terlama adalah 10 hari, kedua adalah 7 hari. Waku itu pas SMP ada kegiatan pramuka (Jambore Daerah) di Pacet, Mojokerto. Apakah jadi bau badan? Gak tuh. Ah, setidaknya temen se-tendaku gak ada yang protes, karena mereka sama-sama juga gak mandi. Dingin banget euy, lagian kamar madinya jauh. Wakakaka.

Fakta 15. Dulu tiap kali perut ibuku agak menggendut karena kebanyakan makan, aku biasanya mengelus-elus perutnya sambil bilang, “perempuan ya buk, perempuan…” Yup, aku terobsesi punya adek perempuan waktu itu, tapi gak keturutan, hehe. Obsesiku lainnya pas SMP adalah punya kakak laki-laki. Lha aku kan cuma punya kakak perempuan, jadinya kurang gituuu deehh. Sampe pas ada tugas mengarang, pelajaran bahasa Indonesia, aku bikin cerpen yang intinya seolah-olah aku punya kakak cowok, apa aja yang akan kami lakukan bersama, gimana dia menggoda adeknya yang imut ini, dst. Hehe suer!
Meski gak dapet adek perempuan/ kakak cowok, tapi alhamdulillah awal 2011 kemaren aku dapet keponakan pertamaku, namanya Rifki Aditya Fajar. He is so unyu unyu... Sekarang dia di Tasikmalaya :)

Fakta 16. Kemana-mana hampir gak pernah bawa tisu, apalagi bedak sama lipstick. Palingan pas ada acara nikahan aja bawa, buat touch-up sebelum masuk ke tempat resepsinya :D Bagiku, bawa barang-barang begituan bikin ribet. Walau akhirnya seringnya aku keliatan paling dekil dibandingkan temen-temenku :-(

Fakta 17. Pernah jadi joki tes TOEFL nya mbbaku gara-gara dia desperate skornya gak bisa tembus di atas 473, padahal itu syarat kelulusannya. Akhirnya aku (yang notabene wajahnya mirip sama dia –setidaknya itu pendapat banyak orang-) menggantikannya tes di LIA, dan LULUS. Tapi Tuhan berkata lain, DIA tidak mau kami menjadi keluarga yang curang. Peraturan kampusnya diubah, tes TOEFL nya harus di UPT Bahasa (milik ITS), gak boleh di tempat lain. Akhirnya dia sambil stres belajar lagi, tes lagi, dan lulus juga. Horeeee… thank’s God! You saved us :D
Ini mbakku. Iya, dia cewek asli.

Fakta 18. Sering banget ngerendem baju sampe sehari semalem gara-gara males nyuci. Untungnya dengan teknologi baru yang diiklankan oleh Rinso ato Attack itu, bahwa “cucian Anda tidak akan bau walau direndam semalaman”, hatiku jadi tenang dan gak terbebani *jedotin kepala ke tembok*

Fakta 19. Punya koleksi kurang lebih 43 buku non fiksi dan 25 buku fiksi. Pengen nambah terus koleksi bukunya dan terobsesi punya perpustakaan mini, setidaknya buat anak-anakku sendiri nanti. Kalo tau ibunya suka baca kan nanti anaknya bisa ketularan. Hehe…
Rak bukuku yg kiri deket kasur, punya mbakku sebelah kanan. Kenapa punyaku keliatan lebih rapi? Karena habis diberesin. Lho, biasanya gimana?? Ah, gak perlu dijawab, kan? :p

Fakta 20. Pertama kali punya diary pas SD, yang isinya biodata yang diisi temen-temen, plus foto dan tanda tangan mereka.
Mulai nulis diary yang isinya kehidupan pribadi pas SMP, setelah dikado sebuah diary oleh temenku. Isinya ada yang tentang persahabatan, curhat pas seneng, sedih, jengkel, dan ehm, cinta. Pokoknya bener-bener jadi tempat sampah deh.
Mulai pede nulis setelah puisiku dibacakan temenku untuk acara perpisahan Kepala Sekolah SMP ku, sama buat lomba baca puisi.
Pas SMA, artikel pendek fiksiku tentang “Penemuan Planet ke-10 bernama PURIUS (sesuai nama tengahku)” diterbitkan di mading sekolah.
Mulai tertarik serius-nulis-dengan-rutin sejak ngefans sama Raditya Dika tahun 2009, sejak beli buku-bukunya dan baca semua isi blognya :D
Radith biasanya melakukan standing comedy kayak gini. Bersama komikus Kambing Jantan, Dio Rudiman (20thn, yg duduk itu). Gramed TP, 6 Maret 2010. Diambil dari kamera ponsel Afina, sahabat saya :)
Trus kemaren juga sempet chatting sama creative and funny blogger, Benazio Rizki Putra, ato lebih dikenal dengan nama Benakribo (karena rambutnya memang kribo), dimana dia ngomentari soal blogku ini, yang sedang kalian baca sekarang! Wah, senengnya… soalnya dia salah satu pemenang Blog Remaja Terbaik 2009 kalo gak salah (umurnya masih 20 tahun gitu loh). Coba cekidot deh, blognya soooo creative, funny, konyol, dan warna-warni. Jadi semangat deh nulis terus, hehe.
sumber: google.com

Ambil nafas duluuuu... yak tahaaaann... lanjutkan baca ya *tetep ditahan lo ya* :D Tinggal dikit kok :-)

Fakta 21. Penakut, tukang kaget. Maka dari ituuuu gak pernah berani nonton film horor dan thriller sendirian, ato lebih tepatnya menghindari film-film tersebut. Wong nonton Black Swan aja takut kok! Denger petir kaget, ada cicak jatuh di punggung kaget, ada orang tiba-tiba berdiri di belakangku kaget, ada kucing lewat kaget. Ada orang gila minta duit, kaget. Ya iyalaaaahhh…

Fakta 22. Pas SD-SMA selalu tidur SATU KASUR sama mbak, dan dua-duanya gak bakalan tidur sebelum ritual bertengkar tertunaikan. Mbakku yang tukang geli biasanya aku gelitikin, aku yang penakut biasanya malah diceritain cerita hantu. Kalo udah ribut, biasanya ibuku bakal teriak dari kamar sebelah, “Sudah sudah, rame terus! Yang satu pindah kamar! Gak usah jadi satu tidurnya!”, lalu kami berdua menyahut, “Nggak mauuuuuuuuuuuu!!!”

Fakta 23. Pernah ditampar sama ibuk pas SMP. Jadi waktu itu mbahku lagi sakit di kamar, nah adek-adek sepupuku yang masih kecil-kecil pada ribut di ruang tamu. Ibuku nganggep aku gak bisa jagain dan ngatur adek-adek, jadinya ibuk marah banget ke aku. Aku menutup kedua pipiku pake kedua telapak tanganku waktu ibuk beberapa kali mukul pipiku. Jadi gak langsung kena pipi kayak di sinetron-sinetron itu sih, cuma kena telapak tanganku. Sakit nggak?? MENURUT LO?!?!?!

Fakta 24. Punya impian haji ke Mekkah bersama keluarga, juga jalan-jalan ke Jepang, belanja-belanja disana, menikmati keindahan kultur aslinya dan mengamati kesibukan di kotanya :D
Pengen banget bisa nulis bareng Raditya Dika dalam satu bukunya, ato kalo gak, bisa terkenal kayak Radith lah, hohoho serius!
And once more, punya impian suatu hari punya suami shaleh yang cakep dan pinter cari duit (naaaahh matre dikit asal realistis gpp kan? :p), punya 3 anak yang lucu dan pinter, tinggal di rumah yang nyaman, dan selalu rukun sama seluruh keluarga besar. Hmmm… Amin… (best wishes).

Sooooo, what about your life’s FACT? Anyone would share? :D
Kalo misal ada yang kisahnya mirip-mirip sama punyaku, yang fakta nomor berapa?
Jangan-jangan... jangan-jangan... kalo ada yang mirip, kita Putra dan Putri yang Tertukar,
yang sebenernya aku anaknya Pak Iksan, sedangkan kamu anak kandung Pak Prabu Wijaya dan bu Aini?
Oh noooooooooooo...
Baiklah, kita sudahi sinetron ini, Nikita Willy mau bobok dulu ya...

Wassalamu'alaikum

8 comments:

  1. lho pet, mbakmu wes melahirkan yaa??

    ReplyDelete
  2. hehe bukan mbakku Jok, tapi iku sepupuku sing duwe anak, nah kebetulan iku keponakan pertamaku dadine :D
    Lek mbakku, dongakno wae yo, mugo2 cepet nikah, hehe...

    ReplyDelete
  3. Errr...sama di bagian BAB di celananya :D

    ReplyDelete
  4. @bukan detikcom: naaah, yes! akhirnya ada temennya juga :D

    ReplyDelete
  5. ada beberapa yang mirip, hehe.. http://armanketigabelas.wordpress.com/2011/03/25/24-fakta-tentangku/

    ReplyDelete
  6. @mas Armanketigabelas: hehe siiip,,, udah aku baca "postingan balasan" di blog Anda, seru banget euy! makasih yaaa udah dikomenin sepanjang itu, hehe :D

    ReplyDelete
  7. Saya waktu smp pengen sekali masuk ITB tapi ada kekuatan lain yang tak bisa saya lawan, hiks..... Pasti lebih banyak lagi fakta yang lain ya? Salut deh kamu bisa membuat fakta sebanyak itu.

    ReplyDelete
  8. @mas Alris:
    hihi "kekuatan lain" apaan tuh? Iya, tiap orang PASTI punya fakta2 dalam hidupnya. Kan tiap hari yang kita jalani juga merupakan fakta (kenyataan/ realitas)? Maksudnya bukan sekedar ilusi, halusinasi, atau fatamorgana?! hehe Tinggal iseng2 aja ditulis, ntar juga mas bakal nemu banyak kok :D

    ReplyDelete